|

Sekolah Pasar Modal Syariah


Desember 2010 Silam; BEI bekerjasama dengan Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) telah Sukses menyelenggarakan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPM Syariah) yang diselenggarakan sebanyak dua gelombang, kegiatan tersebut mendapat respon yang luar biasa dari para peserta dan antusiasme dari masyarakat.

Melihat antusiasme yang begitu tinggi, Bursa Efek Indonesia Kembali memutuskan untuk menyelenggarakan Sekolah Pasar Modal Syariah Khusus Jabodetabek secara reguler sepanjang tahun 2011. Pendaftaran Sekolah Pasar Modal Syariah dilakukan secara online melalui website IDX sejaka 6 april 20011. Tujuan dari sekolah pasar modal syariah ini adalah untuk memberikan edukasi menyeluruh kepada masyarakat mengenai investasi di pasar modal. Dan diharapkan dapat menampung, merangsang dan mengarahkan animo masyarakat yang berminat untuk menekuni pasar modal syariah sebagai media investasi.

Selain di Jakarta, Bursa Efek Indonesia juga bekerja sama dengan Pengurus MES di daerah seperti PW Riau, PD Pekalongan dan PD Semarang. Minat masyarakat begitu tinggi terlihat dari jumlah peserta yang hadir di dalam acara ini.

Untuk menguatkan kerja sama yang telah terjalin antara MES dan BEI, maka diadakan penandatanganan Nota Kesepakatan Kerjasama (MoU) yang bertepatan dengan penyelenggarana Seminar Bulanan Ekonomi Syariah yang dilaksanakan di Gallery Bursa Efek Indonesia, 15 November 2011. Bapak Adi Warman A.karim Mewakili MES untuk menandatangani perjanjian kesepakatan tersebut bersama ibu Friderica Widyasari selaku direktur BEI dan disaksikan oleh Deputi Kepala BAPEPAM.

Tindak lanjut dari MoU ini, akan dibuka Sekolah Pasar Modal Syariah Level Intermediate yang merupakan Edukasi Lanjutan dari SPM Syariah level Basic. Peserta yang diharapkan hadir adalah peserta yang telah mengikuti SPM Syariah Level basic atau Investor yang sudah pernah/sedang memiliki Saham di bursa. Kedepannya, dengan terselenggarannya SPM Syariah, diharapkan masyarakat dapat memahami Investasi yang sesuai Syariah dan dapat merangsang masyarakat untuk menjadikan Pasar Modal Syariah sebagai salah satu Media Investasi.

Pengurus MES di daerah berkesempatan menjadi mitra penyelenggara SPM Syariah tingkat Basic dan Intermediate. Pendanaan akan disediakan sepenuhnya oleh BEI dan PP MES sehinga MES daerah dapat berfokus pada penyelenggaraan dan menghimpun peserta yang berpotensi menjadi investor di pasar modal syariah. MES daerah yang siap menyelenggarakan hal ini dapat mengirimkan proposal permohonan ke Pengurus Pusat MES dan akan diproses lebih lanjut. Seluruh permohonan akan dipublikasikan dalam satu Kalender Kerja Sekolah Pasar Modal Syariah 2012.

Posted by Rezialdi cholidin on 00.17. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response